bjb
Berita  

Syukuran Nelayan Hadirkan Artis Musik Religi

PANGANDARAN, (KAPOL).- Hajat laut yang sering juga dikenal dengan Pesta Laut (Syukuran Nelayan), merupakan acara yang dilaksanakan rutin setiap bulan Muharram.

Pesta Laut dimaksudkan sebagai ucapan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki serta keselamatan terhadap para nelayan, Senin (10/9/2018).

Sekretaris Kegiatan Syukuran Nelayan, Panut (40) mengatakan tradisi hajat laut atau syukuran nelayan meliputi beberapa rangkaian kegiatan.

Acara diawali dengan melakukan kegiatan puncak syukuran nelayan yang akan dilaksanakan pada 11-12 September 2018, bertempat di Pantai Timur Pangandaran.

“Para panitia sedang melakukan persiapan, pada pelaksanaan nanti akan menggelar rangkaian kegiatan yaitu karnaval budaya/pawai ta’aruf, istigotsah qubro,tablig akbar bersama KH. Ayub Ahmad FA S.Ag, M.Ag (Ast. H Asep Sunandar Sunarya) Lebakwangi Kuningan,prosesi syukuran nelayan, karasmen adat dan tabur bunga,” katanya.

Semoga acaranya lebih meriah dan dapat berjalan dengan baik.

Dikatakan, untuk memeriahkan digelar berbagai ragam perlombaan nelayan, konser musik religi menghadirkan artis terkenal Alwi Muhammad Alhabsy, Senam Zumba, Pagelaran Seni Tradisonal dan Kuda Lumping.

“Puncaknya pagelaran wayang golek Ki Dalang Yoga Sunandar Sunarya dari Bandung,” ujarnya. (M. Jerry)***