bjb
Berita  

Bersihkan Sampah Sungai Citonjong Di Blok Desa Sukaresik Sampai Turunkan Alat Berat Ekskavator

Saking Banyaknya Sampah Alam Kayu dan Bambu Turunkan Alat Berat Saat Bersih Bersih Sungai Citonjong Desa Sukaresik, Kamis,7 Maret 2024.(M Jerry/KP).

KABAR PANGANDARAN – Menunjukan dedikasi dalam melayani masyarakat dan pengelolaan lingkungan menggambarkan semangat TNI AD bersama rakyat bersatu dengan alam untuk NKRI, kegiatan gerakan bersih bersih sungai ini sekaligus menyambut bulan ramadan,Bersih Hatiku Bersih Sungaiku.

Gerakan bersih bersih sungai Citonjong Kecamatan Sidamulih dari sampah alam terutama kayu dan pohon bambu yang diinisiasi Kodim 0625 Pangandaran bertempat disepanjang aliran sungai Citonjong Dusun Cimanggu Rt 02/01 Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih, Kamis, 7 Maret 2024.

Pada pelaksanaan untuk memperlancar menggunakan peralatan mulai dari Ekskavator Long Arm milik BBWS Citanduy, Mobil pengangkut sampah 2 Unit dari BBWS Citanduy, Mobil pengangkut sampah 2 Unit Dinas LHK Kabupaten Pangandaran, Perahu Viber 1 Unit dari BPBD Pangandaran, Perahu viber 2 Unit Kodim 0625/Pangandaran dan Perahu Viber 1 Unit dari Polairut Polres Pangandaran.

Komandan Kodim 0625 Pangandaran Letkol Inf Indra Mardianto Subroto,M.IP, mengatakan pada kesempatan kali ini melaksanakan bersih bersih sungai Citonjong yang merupakan anak sungai Citumang sebagai destinasi wisata,dirinya mendapatkan keluhan dari warga masyarakat khususnya Desa Bojong Parigi,Desa Cikalong dan Desa Sukaresik Sidamulih.

“Karena bilamana hujan deras debit air meluap mengakibatkan terjadinya banjir sebab alirannya tidak normal,” katanya.

Satu Unit Alat Berat BBWS Citanduy Diturunkan Untuk Membersihkan Sampah Alam Di Sungai Citonjong.(M Jerry/KP).

Kegiatan terbagi dua lokasi yaitu di blok Jembatan Sungai Citonjong Dusun Cimanggu Cikalong dan di blok Desa Sukaresik.

“Untuk di blok Desa Sukaresik kami menggunakan alat berat ekskavator milik BBWS Sungai Citanduy,” ucapnya.

Dirinya berharap setelah dilaksanakan nya bersih bersih sungai ini aliran sungainya normal kembali dan warga tidak khawatir lagi terjadi banjir dan dapat menjalankan aktifitasnya dengan baik.

“Bila air sungai Citonjong mengalir normal kan jadi tidak khawatir banjir,” harapnya.

Menurutnya sampah yang berada di sungai Citonjong ini rata rata limbah alam berupa bongkahan kayu yang tergerus dan terbawa arus sungai, kepada warga juga menyarankan bilamana melihat ada bongkahan kayu atau bambu mohon untuk segera mengangkatnya ke darat sehingga tidak terjadi penumpukan atau sedimen di dasar sungai itu sendiri dan tersumbat.

“Sekarang setelah dibersihkan alirannya mulai lancar kembali dan mengalirnya normal sampai ke muara sungai langsung ke laut,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Cikalong Kecamatan Sidamulih Ruspandi mengatakan gerakan bersih bersih sungai Citonjong yang diinisiasi oleh Kodim 0625 Pangandaran, maka dari itu atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih.

“Terima kasih Pa Dandim 0625 Pangandaran dengan dilaksanakannya bersih bersih sampah di sungai Citonjong ini,” katanya.

Menurutnya sebentar lagi memasuki musim kemarau kalau tidak ada inisiatif gerakan membersihkan sungai Citonjong ini maka bilamana hujan deras sungai meluap maka akan terjadi banjir lagi.

“Bilamana tidak dibersihkan sekarang dikhawatirkan kembali terjadi banjir bila sungai meluap,”tuturnya.

Kemudian Sungai Citonjong ini melewati empat Desa yaitu Desa Bojong dan Desa Cibenda Kecamatan Parigi,Desa Cikalong dan Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih.

“Sungai Citonjong ini bermuara ke laut diblok Karangtirta Jembatan Wiradinata Rangga Jipang,” katanya.

Dalam pelaksanaan ini juga yang terlibat dari unsur TNI, Polri, Pemda, BBWS Sungai Citanduy,Tagana, Perhutani, Pemdes setempat, warga masyarakat juga semua pihak yang membantu melaksanakan gerakan ini.***