bjb
Berita  

Kementerian Sosial Merespon Cepat Kasus Lanjut Usia di Kabupaten Pangandaran

KABARPANGANDARAN – Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Sentra Phalamartha merespon kasus lanjut usia miskin bersama Dinsos PMD Kabupaten Pangandaran bergerak untuk penanganan kasus tersebut di Desa Pasirgeulis Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran, Jumat, 11 Agustus 2023.

Dalam penanganan kasus tersebut juga dibantu oleh perangkat daerah setempat seperti Camat, Kepala Desa, Babinsa, TKSK dan tokoh masyarakat.

Pekerja Sosial Kementerian Sosial Deri Septiadi Dimyati mengatakan seperti yang telah diberitakan di beberapa media bahwa lansia atas nama Mbok Kalem (92) warga Desa Pasirgeulis Kecamatan Padaherang memerlukan uluran tangan dari berbagai pihak.

“Makanya kami dari Sentra Phalamartha bersama Dinsos PMD Pangandaran bergerak cepat menangani kasus tersebut,” katanya

Menurutnya bantuan Atensi yang diberikan oleh Kementerian Sosial diantaranya edukasi kepada keluarga dan  pemenuhan hidup layak berupa sembako, nutrisi, perlengkapan kebersihan diri, vitamin, obat-obatan, pakaian, perlengkapan ibadah dan perlengkapan sekolah untuk cucu Mbok Kalem.

“Selain itu, Kementerian Sosial juga memberikan bantuan kewirausahaan berupa ternak bebek untuk menunjang perekonomian keluarga,” tuturnya.

Melalui bantuan tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar Mbok Kalem, membantu kelancaran sekolah cucunya dan meningkatkan perekonomian keluarga.

“Semoga dengan bantuan yang diberikan bermanfaat,” lanjutnya.

Deri mengharapkan pihak Kecamatan, Desa dan tetangga sekitar dapat membantu Mbok Kalem dan keluarga, seperti melalui peran bersama dan tidak ada lagi keterlantaran lanjut usia.

“Begitu juga keluarga dapat meningkatkan kesejahteraannya melalui modal usaha ternak bebek,” tambahnya.***