bjb
Berita  

Santri di Pangandaran Deklarasi Pengawasan Pemilu 2019

PANGANDARAN, (KAPOL).-Sedikitnya 100 santriwan dan santriwati perwakilan  daridari berb pondok pesantren yang ada di Kabupaten Pangandaran menggelar deklarasi pengawasan Pemilu 2019.

Hal itu dilakukadi setelah mereka  mengikuti kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bagi Santri yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran, di Aula Hotel Surya Transera Sabtu, (23/2/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Yudiawan mengatakan bawaslu berharap para santri dapat membantu melakukan proses pengawasan dan penyadaran politik kepada masyarakat setelah mengikuti acara sosialisasi ini.

“Kami berharap agar Bawaslu dan pesantren saling bersinergi demi menghasilkan pemilu berkualitas, berintegritas, dan demokratis,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam sejarah pergerakan demokrasi santri memiliki kontribusi yang besar, oleh karena itu peran santri juga diharapkan dalam pelaksanaan pemilu.

“Oleh sebab itu kami mengajak para santri untuk menjadi pengawas partisipatif, untuk mewujudkan pemilu yang demokratis dan berintegritas,” tuturnya.

Dirinya menambahkan dalam kegiatan sosialisasi ini ternyata ratusan santri dari perwakilan di seluruh Pesantren se Kabupaten Pangandaran sangatlah antusias.

“Alhamdulilah, mereka begitu antusias dan dilanjutkan dengan deklarasi santri mengawasi Pemilu bersama Bawaslu,” tambahnya. (M.Jerry)***