bjb
Berita  

Tagana Pangandaran Laksanakan Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Anggota Di Pantai Karapyak

Foto Bersama Usai Pembukaan Pelatihan Sahabat Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pangandaran dan Peningkatan Kapasitas Anggota Tagana di Pantai Karapyak Kalipucang,Jumat,28 Juni 2024,(M Jerry/KP).

KABAR PANGANDARAN – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran melaksanakan Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Anggota Tagana yang diikuti 10 peserta baru dari tanggal 28-30 Juni 2024 di Lokasi Pantai Karapyak Kalipucang Pangandaran.

Ketua Tagana Pangandaran Nana Suryana mengatakan untuk meningkatkan kapasitas para personel anggota menyelenggarakan pelatihan bagi anggota yang baru.

“Karena personel Tagana masih kurang,maka kami melaksanakan pelatihan bagi calon personel baru sebanyak 10 orang,” katanya, Jumat,28 Juni 2024.

Menurutnya personel anggota Tagana Pangandaran seluruhnya ada 61 personel tetapi sebagian sudah ada yang tidak aktif karena kepentingan mereka masing-masing.

“Diantaranya mereka yang tidak aktif memilih untuk bekerja di luar daerah,” tuturnya.

Kepala Bidang Dinsos PMD Kabupaten Pangandaran Ruhendi menyampaikan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas anggota dan pelatihan bagi yang baru.

“Ada 10 orang calon anggota baru Tagana yang akan mengikuti pelatihan sekarang,” ucapnya.

Menurutnya Tagana Pangandaran karena aktif selalu hadir membantu di setiap kebencanaan ternyata menjadi anak kesayangan Menteri Sosial Republik Indonesia Ibu Tri Risma Harini.

“Ini suatu kebanggaan bagi kita semua dengan keaktifannya Tagana Pangandaran,” tuturnya.

Sementara itu Tagana Pangandaran sendiri selalu dihadir pada misi kemanusiaan keluar daerah diantaranya membantu korban bencana alam Gempa Cianjur,Bencana Gempa Sumedang, Bencana Banjir Demak Jawa Tengah,Bakti Sosial membangun rumah untuk para lansia di Aceh.

“Makanya Tagana Pangandaran mendapat piagam dari Kemensos yaitu pada tahun 2023 dan 2024,” tambahnya.***