bjb
Berita  

Dinkes Pangandaran Peringati HKN Ke-59 Akan Gelar Berbagai Perlombaan

Tangkapan Layar Akun Resmi Instagram Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran.

KABARPANGANDARAN – Dinas Kesehatan Pangandaran dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada 12 November 2023 lalu akan menggelar berbagai kegiatan, Peringatan HKN ke-59 tahun 2023 kali ini mengusung tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Yadi Sukmayadi, S. Kep, MM mengatakan sesuai arahan Menteri Kesehatan, ada 6 pilar kesehatan yang harus dicapai yaitu transformasi layanan primer yang mengutamakan pencegahan dibandingkan pengobatan.

Pilar kedua adalah transformasi layanan rujukan, dimana semua daerah harus memiliki standar layanan rujukan dan rumah sakit harus memberikan pelayanan yang merata dan berkualitas.

“Pilar ketiga yaitu transformasi SDM kesehatan dimana seluruh SDM tenaga kesehatan di Indonesia harus merata, tidak hanya tersentral di Pulau Jawa saja,” katanya, Rabu, 22 November 2023.

Selanjutnya pilar keempat adalah transformasi ketahanan kesehatan, dimana didalamnya produksi dalam negeri diutamakan, pilar kelima, yaitu pembiayaan kesehatan yang diharapkan efektif dan transparan.

“Sedangkan, pilar terakhir adalah layanan transformasi teknologi kesehatan, dimana aplikasinya harus terintegrasi dari mulai layanan kesehatan, maupun layanan lain di bidang kesehatan dalam satu platform Satu Sehat,”ucapnya.

Menurutnya Dinas Kesehatan Pangandaran sendiri dalam memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 akan menggelar Dinkes Award,Bola Voli Putra/Putri,Lomba Karaoke,Tarik Tambang dan Jalan Sehat.

“Dinkes award pemberian penghargaan untuk berbagai prestasi yang di raih oleh Puskesmas, RSUD,Farmasi dan Labkesda,” tuturnya.

Kabupaten Pangandaran sendiri sudah banyak menerima penghargaan dari mulai tingkat Kabupaten,Provinsi hingga Nasional. Seperti baru-baru ini untuk Penghargaan Tingkat Nasional yaitu Inovasi Pangandaran,Stunting diraih oleh PKM Padaherang,PHC Award PKM Pangandaran dan masih banyak lagi.

“Rencananya pada tanggal 28 November 2023 mendatang akan menerima penghargaan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dari Kemenkes dan menurut informasi ada panggilan untuk penghargaan KKS Kabupaten Sehat 2023,” tambahnya.***