bjb
Berita  

Komunitas Penyelam Batukaras Duck Dive Lestarikan Terumbu Karang, Potensi Wisata Bahari

Penyelam Batukaras Lestarikan Terumbu Karang Potensi Wisata Bahari.(istimewa).

KABAR PANGANDARAN – Komunitas penyelam Pantai Batukaras Duck Dive mempelopori pelestarian sumber daya bawah laut Terumbu Karang yang merupakan sangat berpotensi dijadikan sebagai Destinasi Wisata Bahari, Duck Dive telah menggagas dan bekerjasama dengan pihak pihak terkait khususnya penggiat pecinta lingkungan hidup untuk melaksanakan Bersih Bersih Terumbu Karang di Batukaras pada Sabtu,27 April 2024 kemarin dan berhasil membawa sampah jenis Jaring Ikan yang sudah puluhan tahun sekitar 50 Kilogram.

Terumbu karang secara ekologis dapat diartikan sebagai tempat organisme hewan maupun tumbuhan mencari makan dan berlindung. Indonesia sebagai negara kepulauan menjadi negara yang memiliki terumbu karang terluas di dunia.

Selain memiliki fungsi utama untuk keberlangsungan ekosistem bawah air, terumbu karang juga memiliki fungsi dalam bidang ekonomi, terutama pada bidang perikanan, pariwisata serta perlindungan pantai.

Salah satu bagian terumbu karang di Pantai Batukaras.(istimewa).

Ketua Komunitas Penyelam Duck Dive Batukaras Iwa (46) mengatakan sudah sejak lama komunitasnya melakukan bersih bersih terumbu karang secara mandiri demi menjaga kelestariannya karena banyak manfaatnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak pihak yang telah ikut peduli pada kegiatan bersih bersih Terumbu Karang Batukaras, khususnya Pangandaran Dive Club,” katanya, Seusai acara Sabtu,27 April 2024.

Sementara itu mengutip dari kanal DLHK Kota Semarang, Senin, 29 April 2024, Terumbu karang membuat lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia bergantung untuk mencari sumber makanan, pekerjaan hingga pertahanan daerah pesisir.

Ekstrak dari hewan serta tumbuhan yang hidup di sekitar terumbu karang ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebagai salah satu organisme yang hidup di dalam ekosistem air laut, terumbu karang berasal dari sekumpulan hewan kecil berbentuk seperti tabung yang bersimbiosis dengan sekumpulan alga.

Bagi kehidupan, manfaat terumbu karang sangatlah banyak, diantarnya :

Pencegah Gelombang Besar, Salah satunya pada saat terjadi gelombang besar maka sebelum sampai ke pantai,gelombang besar ini akan terlebih dahulu mengenai terumbu karang sehingga begitu gelombang sampai ke pantai menjadi kecil.

Obyek Wisata Bahari, Terumbu Karang yang menjadi tempat berbagai jenis ikan juga dapat memperindah laut dan nantinya akan dapat menyedot atau menarik wisatawan baik dari dalam atau luar negeri untuk menikmati surga wisata bawah laut.

Selanjutnya Terumbu Karang juga dapat dijadikan Pusat Penelitian untuk dijadikan tempat evaluasi tentang kehidupan si bawah laut.

Sebagai sumber makanan karena berbagai hewan kecil dan plankton menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan besar begitu juga burung laut lainnya.

Terumbu Karang juga dapat dijadikan tempat tinggal ikan atau berlindung hewan-hewan dan ikan di laut, keberadaan terumbu karang ini juga menjadi kekayaan alam yang sangat indah.***