bjb
Berita  

Menjelang Libur Lebaran 2024 Polairud Polres Pangandaran Pasang Spanduk Rambu-rambu Larangan Berenang

Menjelang Libur Lebaran 2024 Polairud Polres Pangandaran Pasang Spanduk Rambu-rambu Larangan Berenang.(Istimewa)

KABAR PANGANDARAN – Menjelang libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah Satpolairud Polres Pangandaran memasang spanduk bertuliskan larangan berenang di sejumlah titik kawasan wisata pantai di Kabupaten Pangandaran.

Kasat Polairud Polres Pangandaran AKP Sugianto mengatakan tujuan pemasangan spanduk ini untuk mengingatkan kepada para pengunjung yang beraktivitas di bibir pantai agar tidak berenang di lokasi berbahaya yang ada rambu rambu larangan.

“Pemasangan spanduk ini dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan wisatawan ataupun antisipasi terjadinya laka laut di pantai pangandaran,” katanya,kepada awak media,Minggu,7 April 2024 kemarin.

Menurutnya pemasangan spanduk diantaranya lokasi larangan berenang di pantai barat Pangandaran,Pantai Timur Pangandaran,Pantai Batu Hiu,Pantai Karapyak dan Pantai Madasari.

“Kami juga memasang di daerah-daerah atau tempat yang memang menjadi titik rawan ketika dilakukan aktivitas bermain air,” tuturnya.

Pihaknya mengimbau kepada wisatawan agar selalu mematuhi dan mengikuti petunjuk-petunjuk dari petugas penjaga pantai yang ada.

“Kepada para pengunjung agar mematuhi rambu-rambu yang sudah dipasang di sepanjang pantai,” imbuhnya.

Tarif Retribusi Destinasi Wisata Pangandaran

Tarif Retribusi Destinasi Pariwisata terbaru diantaranya:

1. Pantai Pangandaran – Batu Hiu – (Rp20.000 /orang).

2. Pantai Batukaras – Madasari – (Rp15.000 /orang).

3. Green Canyon – (Rp10.000 /orang).

4. Pantai Karapyak – (Rp6.000 /orang).

Kemudian untuk tarif Pelayanan Tempat Rekreasi dan Pariwisata, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

KELAS I – Rp20.000 /orang

KELAS II – Rp15.000 /orang

KELAS III – Rp10.000 /orang

KELAS IV – Rp6.000 / orang

Kelas Retribusi Rekreasi dan Pariwisata, berdasarkan Keputusan Bupati Pangandaran Nomor: PW.01/Kpts.18- Huk/2024 Tentang Penetapan Destinasi Pariwisata dan Kelas Retribusi Rekreasi dan Pariwisata antara lain :

KELAS I – Pantai Pangandaran – Batu Hiu

KELAS II – Pantai Batukaras – Madasari

KELAS III – Green Canyon (Cukang Taneuh)

KELAS IV – Pantai Karapyak.