bjb
Berita  

Ngabuburit Puasa Ramadan Sambil Bermain Lodong Di Tepi Pantai Bojong Salawe

PANGANDARAN – Aktifitas sambil menunggu waktu buka puasa kini menjadi kebiasaan rutin anak-anak, mereka daripada berdiam diri di rumah dan hanya bermain game di smartphone atau gadget.

Seperti yang dilakukan anak anak di lokasi Muara Bojong Salawe begitu asik ngabuburit sambil bermain lodong ditepi pantai Bojong Salawe dan tentunya menjadi tontonan bagi warga yang sedang memancing ikan.

Tanpa rasa takut, anak-anak ini saling bergantian menyalakan lodong yang sudah dipersiapkan. Alhasil, suara dentuman yang keras bak meriam memecah kemeriahan mereka saat ngabuburit.

Salah seorang anak, Farid (18) mengatakan, saat mengisi waktu ngabuburit dengan bermain lodong bersama teman temannya membuat waktu berpuasa jadi tak terasa.

“Tidak terasa waktu sudah mau adzan Maghrib, saking asyiknya main lodong,” katanya.

Sementara itu warga yang sedang mancing ikan Hermanto (38) menambahkan mengingatkan dirinya pada saat kecil dulu selalu bermain lodong tetapi beda dengan sekarang.

“Kalau dulu saya pakai bambu besar dikasih karbit setelah berbusa baru di sulut pakai api dan suaranya menggelegar,” katanya.

Dirinya sambil memancing ikan jadi teringat masa masa dulu saat menunggu waktu maghrib tiba di bulan ramadan seperti saat ini.

“Memang sepertinya sudah menjadi suatu tradisi tiap bulan puasa ramadan,” tambahnya.***