bjb
Berita  

Pemkab Pangandaran Gelar Pangan Murah Diapresiasi Warga Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Kelautan dan Ketahanan Pangan mengadakan Acara Gelar Pangan Murah, berlokasi di Lapangan Sandaan Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang, Rabu, 27 Maret 2024.(M Jerry/KP).

KABAR PANGANDARAN – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Kelautan dan Ketahanan Pangan mengadakan Acara Gelar Pangan Murah, berlokasi di Lapangan Sandaan Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang, Rabu, 27 Maret 2024.

Berbagai kebutuhan pokok disediakan untuk dijual dengan harga murah, seperti Beras SPHP, Beras Lokal, telur ayam, daging ayam, daging sapi, bawang merah bawang putih, cabe merah, cabe rawit minyak goreng, gula putih, terigu, berbagai sayuran, olahan ikan dan olahan pangan lokal yang dijual oleh UMKM yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan saat membuka kegiatan bahwa latar belakang di selenggarakannya Gerakan Pangan Murah (GPM),ialah untuk membantu masyarakat mendapatkan harga sembako murah.

“Dan untuk menekan harga (pasar) sehingga inflasi terkendali,” katanya.

Bupati menginstruksikan kepada Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Pangandaran untuk kembali berkolaborasi dengan stakeholder lainnya untuk memperbanyak pola seperti ini di Wilayah Kabupaten Pangandaran.

“GPM Pangandaran didukung oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas), DKPP Provinsi Jawa Barat dan Badan Urusan Logistik (Bulog),” tuturnya.

Sementara itu hujan deras yang mengguyur wilayah Pangandaran pada saat acara berlangsung tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk mengantre demi mendapatkan sembako dengan harga murah, situasi sangat ramai, namun masih kondusif.

Masyarakat yang hendak membeli sembako, diarahkan untuk membeli kupon terlebih dahulu, baru kemudian menukarkannya di stand sembako yang hendak dibeli.

Salah seorang Warga Kecamatan Parigi yang datang ke acara, Icih (46) dirinya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pangandaran dalam menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) ini.

“Alhamdulillah ada pasar murah (GPM), kami sangat terbantu karena sekarang harga-harga bahan pokok pada naik, apalagi menjelang lebaran yang 2 minggu lagi, hatur nuhun Pemkab Pangandaran,” ucapnya.***