bjb
Berita  

Peringati 50 Tahun PDI Perjuangan, Menanam Ribuan Pohon Di Tanjung Cemara Pangandaran

KABARPANGANDARAN – Peringati 50 Tahun PDI Perjuangan 2023, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pangandaran menanam ribuan pohon mangrove dan cemara di objek wisata Tanjung Cemara pantai Karang Tirta, Minggu, 15 Januari 2023.

Penanaman ribuan pohon mangrove dan cemara ini dihadiri oleh anggota DPRD Jawa Barat Hj. Ijah Hartini, Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin dan anggota, Sekretaris DPC PDIP Riki Zulkifli juga PAC hingga Ranting serta ribuan peserta lainnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kab Pangandaran H. Jeje Wiradinata mengatakan, dalam memperingati HUT ke 50 tahun PDI Perjuangan melaksanakan penanaman ribuan pohon dan sekaligus bersih-bersih sungai.

“Pohon itu banyak aspeknya dan manfaatnya sebagai penetrasi matahari ke bumi termasuk menahan abrasi pantai agar tidak terjadi erosi,” katanya.

Menurutnya lokasi Tanjung Cemara yang diapit oleh muara dan pantai bisa ditumbuhi oleh pohon bakau atau mangrove untuk pengembang biakan ikan sehingga bisa memberikan korelasi positif dalam menjaga kesuburan dan ketahanan perairan dari abrasi.

“Manfaatnya nanti dapat memberikan korelasi positif terutama menahan terjadinya abrasi pantai,” tuturnya.

Selanjutnya bahwa di kawasan Tanjung Cemara Karang Tirta ini memiliki lahan seluas 22 hektar yang akan dilintasi oleh jalur pesisir selatan pantai Pangandaran.

“Mulai dari pantai Pangandaran hingga ke Mandasari,”lanjutnya.

Kemudian sampai sekarang banyak investor menanyakan terkait pengembangan khususnya sektor Pariwisata. Begitu juga pengembangan ini menghubungkan dengan adanya Jalur Pesisir Selatan Pangandaran.

“Sampai saat ini, saya belum memberikan jawaban karena ingin Tanjung Cemara ini menjadi kawasan Jalur Hijau,” ucapnya.

Sementara itu pengunjung Tanjung Cemara Karang Tirta Suhardi (46), dirinya sengaja datang dari perbatasan Langkaplancar dengan Tasikmalaya karena penasaran dengan keindahan alam di sini.

“Awalnya saya tahu dari medsos,eh akhirnya kesampaian bisa lihat langsung dan memang indah banget,” tambahnya.***