bjb
Berita  

Sambut HUT Kodam III Siliwangi,Kodim Pangandaran Gelar Kontes Ayam Pelung

Menyambut HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi,Kodim Pangandaran Menggelar Kontes Ayam Pelung Bekerjasama Dengan HIPPAP Pangandaran,Minggu,19 Mei 2024.(M Jerry/KP).

KABAR PANGANDARAN – Kontes Ayam Pelung yang diselenggarakan oleh Kodim 0625 Pangandaran dalam menyambut HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi ternyata banyak peminatnya diantaranya ada beberapa peserta datang dari Jawa Tengah dan Jawa Barat khususnya.

Kontes ayam pelung ini dilaksanakan Kodim Pangandaran bekerjasama dengan Himpunan Peternak & Penggemar Ayam Pelung Nusantara (HIPPAP) Kabupaten Pangandaran bertempat di Lapang Upacara Makodim 0625 Pangandaran, Minggu,19 Mei 2024.

Kasdim 0625/Pangandaran Mayor Inf M Junaedi mengatakan dengan diselenggarakannya Kontes Ayam Pelung ini dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi begitu juga sekaligus membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pariwisata.

“Kedepan mudah-mudahan kontes seperti ini bisa di agendakan dihari-hari biasa sebagai upaya meningkatkan PAD wisata di Kabupaten Pangandaran,” ucapnya saat membuka Kontes Ayam Pelung di Lapang Upacara Makodim Pangandaran.

Perwakilan Himpunan Peternak & Penggemar Ayam Pelung Nusantara (HIPPAP) Kabupaten Pangandaran Yahya mengatakan mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0625 Pangandaran yang telah menyelenggarakan kontes ayam pelung dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pa Dandim 0625 Pangandaran,” katanya.

Menurutnya dalam kontes ini diikuti peserta dari berbagai daerah bahkan dari Jawa Timur ada,dan dengan digelarnya kontes ini juga dapat membantu dalam meningkatkan PAD Pariwisata.

“Para peserta datang dari Jawa Barat,Jawa Tengah dan Jawa Timur,mereka menginap di Pantai Pangandaran karena sekaligus berwisata,” tuturnya.

Kemudian dalam menilai keindahan suara ayam pelung ini terbagi 5 sasaran penilaian yaitu suara awal,suara akhir,irama dan keserasian.

Sementara itu dari Pantauan di lapangan bahwa Ayam Pelung ini tampak menegakkan kepala seakan menunjukkan kegagahan ketika mulai berkokok. Suaranya terdengar dari pelan hingga mengeras.

Suara ayam-ayam itu menyerupai lolong serigala yang mengalun panjang dengan menundukkan kepala seiring kokokan berakhir.

Beragam cara dilakukan pemilik agar ayam mereka tak malu berkokok,mulai dari menjentikkan jari hingga menunjukkan ayam betina. Suara teriakan dan tawa pun terdengar dari para pemilik ketika ada ayam yang bisa berkokok hingga durasi lama.

Penampilan ayam yang diikutkan kontes itu mirip ayam jago bangkok,tetapi kedua ayam tersebut berbeda,kalau ayam pelung dewasa biasanya lebih besar dengan tinggi badan rata-rata 80 sentimeter, panjang sekitar 60 sentimeter, serta berat 4,5 kg hingga 5 kg.***