bjb
Berita  

Cara Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol, Ngobrol Bareng Seputar Kesehatan RSUD Pandega Pangandaran

NGOBATAN (Ngobrol Bareng Seputar Kesehatan) dengan tema Cara Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol yang laksanakan RSUD Pandega Pangandaran.(Istimewa).

KABAR PANGANDARAN – Kolesterol adalah zat lemak yang penting untuk tubuh dalam pembangunan jaringan dan memperbaiki jaringan rusak, hal ini disampaikan langsung dr. Fenandri Fadillah Fedrizal, Sp.P.D sebagai narasumber pada kegiatan NGOBATAN (Ngobrol Bareng Seputar Kesehatan) dengan tema Cara Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol yang laksanakan RSUD Pandega Pangandaran, Kamis,13 Juni 2024.

dr. Fenandri Fadillah Fedrizal, Sp.P.D mengatakan kolesterol diperlukan tubuh dalam produksi hormon reproduksi juga penting untuk proses pencernaan.

“Kolesterol adalah zat lemak yang penting untuk tubuh dalam pembangunan jaringan dan memperbaiki jaringan rusak,” katanya.

Menurutnya tubuh manusia bisa membuat kolesterol mandiri yaitu berasal dari hati, 80% kolesterol dihasilkan di hati dan 20% nya didapatkan dari makanan (daging, telur, susu).

“Setiap orang yang berusia di atas 20 tahun harus rutin memeriksa kadar kolesterol dalam tubuh minimal tiap 4 tahun sekali dan dengan frekuensi yang lebih sering bagi orang dengan faktor risiko tinggi,” tuturnya.

Kadar kolesterol yang tinggi ini tidak menimbulkan gejala pada tubuh,terapkan pola hidup sehat untuk menghindari kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh baik dengan pola makan seimbang, olahraga yang bersifat aerobik baik jalan cepat, bersepeda ataupun berenang minimal 30 menit sehari.

“Berhenti merokok, berat badan dan lingkar pinggang yang ideal,” lanjutnya.

Kemudian pola makan sehat ini harus proporsional, tinggi sayur dan buah, kacang-kacangan, dan sumber protein sehat yang rendah lemak. Dalam satu piring makan, terdiri dari setengah piring sayuran, satu per empat piring karbohidrat dan seperempat piring protein.

“Kadar kolesterol alami pada makanan memiliki efek lemah atau berpengaruh kecil terhadap kolesterol darah,” ucapnya.

Hal yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah adalah makanan yang tinggi kadar lemak jenuh, oleh karenanya pilihlah daging sapi yang tidak berlemak, daging ayam tanpa kulit dan hidari pengolahan dengan menggoreng bisa beralih ke dibakar atau dikukus.

“Lakukan konsultasi berkala ke dokter dan konsumsi obat secara teratur bagi yang sudah memiliki riwayat kolesterol,” tambahnya.

Klinik Penyakit Dalam RSUD Pandega Pangandaran buka setiap Senin sampai dengan Sabtu. ***