bjb
Berita  

Jadwal Lengkap Syukuran Nelayan Bulan Muharram 1446 Hijriyah Di Kabupaten Pangandaran

Syukuran Nelayan di Pantai Barat Pangandaran Tahun 2023,(Dok).

KABAR PANGANDARAN – Agenda tahunan yang merupakan sebuah rangkaian acara dan biasanya dihelat oleh warga masyarakat pesisir salah satunya di Kabupaten Pangandaran dilaksanakan setiap bulan Muharram atau lebih dikenal dengan Syukuran Nelayan, hal ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh para nelayan setiap Tahun Baru Islam sebagai wujud ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas rezeki yang telah diterima.

Berikut ini Jadwal Pelaksanaan Syukuran Nelayan Di Kabupaten Pangandaran pada Bulan Juli 2024, diantaranya:

Hajat Laut Pangandaran

Tradisi masyarakat Pangandaran sebagai wujud syukur atas hasil laut dengan rangkaian pembacaan doa, pawai perahu, hiburan dan makan bersama.

Syukuran Nelayan Majingklak (12 Juli 2024)

Rangkaian upacara, mulai dari membersihkan tepi pantai hingga mengadakan pawai perahu, diselenggarakan sebagai ekspresi penghormatan terhadap lautan.

Syukuran Nelayan Ciawitali Kecamatan Kalipucang (12 Juli 2024)

Budaya masyarakat lokal Pangandaran untuk mensyukuri hasil laut yang diterima untuk kehidupan sehari-hari dengan mengadakan kegiatan upacara adat, kesenian dan hiburan.

Batu Hiu Culture Festival (12-14 Juli 2024)

Ruat Jagat atau kirab budaya yang menampilkan kesenian tradisional khas Pangandaran serta menggelar upacara adat untuk mensyukuri hasil laut.

Syukuran Nelayan Batukaras (17 Juli 2024)

Kegiatan bersih-bersih pantai, pengajian, istighosah, pawai perahu, tabur bunga, dan acara hiburan dalam rangka penghormatan atas hasil laut.

Syukuran Nelayan Desa Wonoharjo (20 Juli 2024)

Upacara adat, penampilan seni, pawai perahu, hingga kegiatan doa dan makan bersama untuk mensyukuri hasil laut.

Syukuran Nelayan Legokjawa (27 Juli 2024)

Pertunjukan seni dan budaya tradisional khas Pangandaran, disertai dengan upacara adat sebagai bentuk rasa syukur atas hasil laut.

Syukuran Waluya Green Canyon (29-30 Juli 2024)

Upacara adat Syukuran Waluya, pagelaran seni budaya khas Pangandaran, potong tumpeng doa bersama, hingga parade perahu wisata.

Itulah jadwal pelaksanaan Syukuran Nelayan di Kabupaten Pangandaran tahun 2024.

(Sumber Instagram Pangandaran Tourism)