bjb
Berita  

Kampung Ciherang Lokasi Wisata Baru Yang Jadi Incaran Pengunjung

SUMEDANG, (KAPOL).- Wana Wisata Kampoeng Ciherang, di Desa Cijambu, Kec.Tanjungsari, tak hanya menjadi daya tarik wisatawan lokal atau dari Jawa Barat saja.

Tampaknya, wana wisata Kampoeng Ciherang didatangi wisatawan dari berbagai provinsi di Indonesia yang juga wisatawan asing, seperti dari Australia dan Turki.

“Sejak dibuka pada Desember 2016 sampai sekarang, wana wisata Kampoeng Ciherang mampun menarik pengunjung sekira lebih dari seratus ribu orang,” kata pengelola harian Wana Wisata Kampoeng Ciherang, Nandang kepada Kabar Priangan Online (KAPOL), Jumat (8/9/2017).

Konsep kunjungan, kata dia, sebelumnya hanya dibuka pada hari libur saja.Namun, ujar dia, mengatakan, melihat tingginya tingkat kunjungan maka akhirnya wana wisata dibuka setiap hari.

Disana, kata dia, tak hanya ramai pengunjung khususnya pada siang hari saja. Namun, dia menambahkan, pada malam hari pun di sana tampaknya cukup banyak pengunjung.

“Rata-rata jumlah pengunjung di hari biasa, sekira 100 sampai 200 orang. Berbeda dengan pengunjung pada musim liburan yang diperkirakan 4000 pengunjung,” ucapnya didampingi Kades Cijambu, Pipin AM.

Bahkan, kata dia, pernah mengalami peningkatan pengunjung yang signifikan, sekira 5.400 orang pada liburan Idulfitri 2017.

“Dalam kurun waktu sekira 6 bulan sejak dibuka, wana wisata sudah menghasilkan pendapatan kurang lebih 1,2 Miliar,” katanya.

Di Wana Wisata Kampeng Ciherang, kata dia, terdapat outbound anak dan dewasa, wahana sepeda gantung, paparahuan, spot selfie, fasilitas umum, penginapan, kolam renang anak, curug atau air terjun hias, sepeda motor mini, permainan anak, area kemping, kuda tunggang dan papanahan.

“Kedepan, rencana membuat kolam air panas, sarang burung di pohon, gazebo panti jompo lansia dan disabilitas serta panggung hiburan,” ujarnya.

Alhamdulillah, kata dia, wana wisata Kampoeng Ciherang, berdampak pemberdayaan warga dalam jumlah banyak atau sekira 400 orang. (Azis Abdullah)***