bjb
Berita  

KKN STITNU Al Farabi Bangkitkan Potensi Berkelanjutan Masyarakat Kecamatan Langkaplancar

loka karya stitnu al farabi pangandaran
loka karya stitnu al farabi pangandaran

KABARPANGANDARAN.COM | 2 Maret 2023, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama (STITNU) Al Farabi Pangandaran menggelar acara loka karya di Desa Bangunjaca Kecamatan Langkaplancar. 150 mahasiswa STITNU Al Farabi Pangandaran memunuhi GOR Koperasi Hurip Kecamapat Langkaplancar. Hadir pada acara tersebut Ketua STITNU Al Farabi Drs. Asep Saepurrohman, M. M. beserata jajararan pimpinan lainya, Asisten daerah (ASDA III) Kabupaten Pangandaran, Suheryana, Ketua Kadin Pangdandaran, Yayan Sugiantoro, Sekdis Perdagangan dan Koperasi UMKM, DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan), Kemenag Pangandaran, Polsek Langkaplancar, Dinas Pendidikan, Camat Langkaplancar serta aparatur desa sekecamatan Langkaplancar.

Kuliah Kerja Nyata STITNU Al Farabi Pangandaran tahun 2023 ini mengangkat tema Grow Innovatively, Act Susatainably. Asep Saepurrohman, selaku Ketua STITNU Al Farabi Pangandaran mengapresiasi geliat pemikiran dan daya kreatif yang mahasiswa wujudkan dalam bentuk ide dan karya solutif bagi masyrakat. “Meski mahasiswa kami dari jurusan Manajemen Pendidikan Islam dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini serta Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam, mahasiswa STITNU Al Farabi telah teruji pemikirannya yang solusional, relevan dengan kehidupan masyarakat. Tri Dharma perguruan Tinggi secara praktik telah dilaksanakan oleh mahasiswa.” Riauh tepuk tangan bergemuruh saat mendengar pernyataan Ketua STITNU Al Farabi Pangandaran.

Bangkitkan Pontensi Mayarakat Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran

Irpan Ilmi, selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, juga sebagai penanggungjawab pelaksanaan KKN PAR menyampaikan, “Jika kita meneroka lebih dalam tentang potensi masyarakat, kita akan melihat kemampuan, kekuatan yang dimiliki oleh individu atau kelompok masyarakat dalam mengembangkan diri dan lingkungannya, baik aspek seperti sumber daya manusia, kebudayaan, ekonomi, sosial, dan lingkungan.”

Selain Sumber daya manusia yang melimpah, Kecamatan Langkaplancara juga kaya potensi Sumber Daya Alam. Sumber daya manusia yang berkualitas akan menjadi modal dasar untuk meningkatkan potensi lainnya. Irpan Ilmi mengegaskan “Keberadaan sumber daya manusia yang berkualitas dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan inovasi dalam mengembangkan potensi lainnya.”

Potensi Sumber Daya Alam, kebudayaan, dapat menggali sektor industri dan pariwisata. Irpan Ilmi menjelaskan bahwa dalam pengembangan potensi masyarakat, diperlukan peran serta semua pihak. Pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta perlu bekerja sama untuk mengembangkan potensi masyarakat. Melalui sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, potensi masyarakat dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Potensi masyarakat yang mahasiswa KKN PAR STITNU Al Farabi gali, perdalam dan angkat, ungkap Ketua LPPM STITNU Al Farabi Pangandaran yaitu dalam bidang pendidikan, perekonomian, sumber daya manusia, dan kebudayaan serta sejarah.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kepala LPPM STITNU Al Farabi Pangandaran berkaitan degan topik kegiatan mahasiswa adalah edukasi pemilihan sampah organik dan anorganik, digital marketing UMKM, Pengembangan kurikulum MDTA berbasis pendidikan karakter, pemanfaatan pupuk organik, penyuluhan pendidikan, legalisasi UMKM, MoU PKBM, pelatihan komputer & desain grafis, magrib mengaji, Workshop  Keorganisasian, Kepemimpinan dan Kepemudaan dengan tema Internalisasi nilai kepemimpinan Khulafaur Rasyidin bagi pemuda di Desa Langkaplancar, educational motivation training dalam upaya peningkatan motivasi siswa dalam melanjutkan studi ke jenjang perguruan Tinggi, peningkatan profesionalitas Guru PAUD Melalui Kegiatan Kunjung Diskusi ( Discuss Visitation ) di Desa Cimanggu Kecamatan Langkaplancar, peningkatan kapasitas  pengelolaan produksi dan strategi pemasaran melalui kegiatan pelatihan singkat pada masyarakat dan pelaku UMKM di Desa Cimanggu Kecamatan Langkaplancar, upaya meningkatkan kesadaran masyarakat desa Cisarua untuk menjaga lingkungan hidup dengan program bank sampah, meningkatkan motivasi guru PAUD dalam pembuatan alat permainan edukatif, pemberdayaan perempuan melalui program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pemanfaatan BUMDES Di Desa Pangkalan Kecamatan Pangkalan Kabupaten Pangandaran, penguatan dan perlindungan keluarga melalui pembinaan kader PKK di desa Karangkamiri, pengaruh Pendidikan Digital untuk melindungi diri dari spam dunia maya di Desa Mekarwangi, program penanaman 1000 pohon cabai untuk meningkatkan hasil produksi pertanian Desa Mekarwangi, Pembinaan pentingnya program parenting terhadap pendidik dan orang tua, pembuatan Rumah Literasi, Pendampingan ekonomi kreatif bojongkondang melalui Ecoprint, Penyuluhan pendidikan karakter diseluruh SD Bojongkondang, Digitalisasi desa di Desa Jadikarya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran, optimalisasi smartphone bagi pemasaran desa dan penelususan sejarah desa Bojong.