bjb
Berita  

Nelayan Tradisional Jaring Ered Panen Ikan Layang Di Pantai Timur Pangandaran

Nelayan Tradisional Jaring Ered Pantai Timur Pangandaran Mulai Panen Ikan Layang,Sekali Menarik Jaring Dapatnya Sekitar 1 Ton Lebih, Jumat,14 Juni 2024.(M Jerry/KP).

KABAR PANGANDARAN – Nelayan tradisional jaring ered di Pantai Timur Pangandaran mulai panen ikan layang yang sebelumnya hasil tangkapan ikan pepetek yang tercampur sampah plastik, walaupun saat ini kondisi ombak masih cukup besar, Jumat,14 Juni 2024.

Nelayan tradisional jaring ered Pangandaran Aceng (43) mengatakan hasil tangkapan saat ini baru satu kali menabur jaring ke tengah dan tidak disangka begitu ditarik akan dapat sebanyak ini.

“Saya senang jaringnya penuh ikan layang,” katanya.

Menurutnya beberapa hari kebelakang hasil tangkapannya hanya ikan jenis pepetek dan layur kecil, itu juga tercampur dengan sampah plastik yang terbawa ombak karena cuaca sedang tidak bagus.

“Iya,kondisi cuaca ombak masih besar saat ini,” tuturnya.

Hasil tangkapan jaring ered kali ini diperkirakan bisa mencapai sekitar 1-2 ton karena jaringnya terisi ikan layang hampir penuh.

“Sore ini mulai keluar ikan layang,untuk hasil sekarang sekitar 1-2 ton itu baru satu kali menabur jaring ke laut,” ucapnya.

Sementara itu salah satu wisatawan Rusdi (38) asal Garut, tidak sengaja melewati pantai timur pangandaran dan penasaran melihat nelayan sedang menjaring ikan.

“Tadi sedang jalan jalan,kemudian melihat yang sedang menjaring ikan,” katanya.

Dirinya menambahkan sambil melihat nelayan menjaring ,sekalian memungut ikan ikan yang terjatuh dari wadah nelayan saat dibawa dari jaring.

“Ternyata dapat banyak hampir satu kantong plastik,” tambahnya.***