bjb
Berita  

Pantai Batukaras Ditutup Pedagang Meradang

Pedagang di pantai Batukaras kecewa, lantaran objek wisata di Pangandaran ditutup sementara.

KABARPANGANDARAN.COM – Para pelaku usaha wisata khususnya pedagang yang ada di lokasi obyek wisata pantai kini meradang pascapenutupan seluruh obyek wisata di Kabupaten Pangandaran tentu sangat merugikan masyarakat khususnya di Pangandaran.

Jauh-jauh hari, mereka sudah persiapan untuk meraup penghasilan dari para pengunjung wisata bahkan sampai ada yang meminjam modal.

Pedagang di pantai Batu Karas Cijulang Pangandaran, Nurhayati (37) mengatakan dengan menangis berharap kepada pemerintah untuk tidak menutup total obyek wisata.

“Kalau mau di-sip boleh, asal jangan ditutup total. Kalau ditutup total, kasihan anak-anak kami nanti makan apa,” katanya.

Menurutnya jauh-jauh hari sudah persiapan dengan meminjam modal usaha untuk berjualan kepada grosir dan wajib dibayar.

“Kalo barang kan tak bisa dikembalikan ke grosir,” tuturnya.

Selanjutnya modal usaha untuk momen liburan lebaran 2021 dirinya menghabiskan modal dari Rp10 juta sampai Rp 11 juta rupiah.

“Modalnya sampai sekarang belum separuhnya ketutup,” ujarnya

Nurhayati berharap ada kebijakan dari pemerintah untuk membuka kembali obyek wisata.

“Kita ikuti aja baiknya bagaimana, tetapi obyek wisata dibuka lagi,” harapnya.

Dirinya menambahkan kalau memang akan ditutup seharusnya dari sejak awal, sehingga dirinya tidak sampai meminjam modal untuk berjualan.

“Kalau tahun kemarin kan dari awal sudah ditutup, jadi kita tak sampai minjam modal,” ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Kusdiana mengatakan sebelumnya telah dilaksanakan rapat evaluasi dan memutuskan pantai Batu Karas ditutup pasca viralnya video kerumuman dan abaikan protokol Kesehatan di pantai Batu Karas lewat media sosial.

Penutupan objek wisata di Kabupaten Pangandaran juga berdasarkan instruksi dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.