bjb
Berita  

Aksi Menanam Mangrove dan Cemara Laut Inisiatif Kelompok Tirta Klewer Bersama Ormas PP Sidamulih

Aksi Menanam Mangrove dan Cemara Laut Inisiatif Kelompok Tirta Klewer Bersama Ormas PP Sidamulih, Kamis,28 Maret 2024.(M Jerry/KP).

KABAR PANGANDARAN – Kelompok Tirta Mandiri Klewer bersama Ormas Pemuda Pancasila Kecamatan Sidamulih selalu rutin menjaga lingkungan hidup dengan cara menanam pohon mangrove dan cemara laut di pesisir Muara Sungai Citonjong Karangtirta blok Jembatan Wiradinata Rangga Jipang, Kamis 28 Maret 2024.

Ketua Kelompok Tirta Mandiri Klewer Karangtirta Sidamulih Endi mengatakan sebagai salah satu ekosistem yang produktif dimana mangrove memiliki banyak manfaat yaitu melindungi pantai dari abrasi dan erosi, juga memiliki akar yang lebat dan padat berfungsi seperti saringan yang akan mencegah pasir pantai terbawa arus sungai.

“Maka dari itu, kami bersama ormas PP Sidamulih terus melakukan penanaman mangrove dan cemara laut,” katanya.

Menurutnya aksi tanam mangrove dan cemara laut ini bukanlah sekadar momen, tetapi awal dari sebuah perjalanan panjang menuju keberlanjutan.

“Diharapkan bibit-bibit tersebut akan tumbuh menjadi hutan mangrove yang kuat, mampu melindungi garis pantai dari erosi, mempertahankan keanekaragaman hayati, serta berperan dalam mengatur iklim mikro pesisir,” tuturnya.

Selain pengurai limbah organik, juga sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa dan merupakan tempat tinggal yang cocok bagi banyak hewan.

“Seperti ikan, udang, kepiting dan siput juga banyak tinggal di daerah mangrove” lanjutnya.

Sementara itu salah satu warga yang sedang mancing ikan dibawah Jembatan Wiradinata Rangga Jipang sangat bangga dengan aksi para generasi muda dalam melestarikan lingkungan hidup dengan cara menanam mangrove dan cemara laut.

“Saya bangga dengan aksi mereka ini,” kata Usman (48).***