bjb
Berita  

Belanja Bahan Ikan Asin Jambal Roti Di Pangandaran Ternyata Dari Pantai Utara Hingga Bali

Pengrajin Ikan Asin Jambal Roti Olah Oleh Khas Pangandaran Siap Dikirim Ke Kios Kios Di Obyek Wisata Pantai Pangandaran, Senin,27 Mei 2024.(M Jerry/KP).

KABAR PANGANDARAN – Obyek wisata Pantai Pangandaran terkenal dengan keindahan pantainya tetapi selain itu daerah pesisir pantai ini memang dikenal sebagai penghasil ikan asin jenis jambal roti yang menjadi salah satu oleh-oleh khas bagi para wisatawan.

Ikan jambal roti tidak jauh berbeda dengan ikan asin jenis lainnya,tapi ikan asin ini memiliki rasa yang khas dan daging ikannya tebal.

Untuk di Pangandaran sendiri jambal roti ini berasal dari ikan manyung mentah yang difermentasi garam, ketika sudah dimasak maka tekstur ikan berubah jadi lebih rapuh seperti roti, inilah yang membuat ikan asin ini disebut jambal roti.

Pengrajin Ikan Jambal Roti di blok Lapang Katapang Doyong Pantai Timur Pangandaran Adam Ahdi mengatakan untuk bahan ikan asin jambal roti menggunakan jenis ikan manyung dari daerah Pantai Utara (Pantura).

“Jenis ikan untuk bahan Jambal Roti dikirimnya dari Indramayu,Tegal, Probolinggo bahkan pada bulan kemarin karena kebutuhan banyak, belanja bahannya hingga dari Bali,” katanya, Senin,27 Mei 2024.

Menurutnya untuk produksi pada bulan April 2024 kemarin hingga mencapai sampai 21 ton, Bulan Mei 2024 sekarang 10 ton, dan setiap minggunya dikirim ke kios di Pangandaran.

“Produksi ikan jambal roti ini langsung dikirim ke kios kios di Pangandaran,” tuturnya.

Pemesanan dari setiap kios sangat mencukupi dan juga untuk wisatawan yang berwisata ke Pantai Pangandaran sudah tahu dan selalu belanja datang langsung ke gudang di lapang Katapang Doyong.

“Mereka para wisatawan bila belanja ikan asin jambal roti ini rata rata sampai 10 kilogram,”ucapnya.

Dirinya memproduksi ikan asin jambal roti super dan biasa, tetapi untuk ikan asin jambal roti basah minimal 3 ton setiap minggunya.

“Berarti kalau sudah kering mencapai 1,2 ton,”lanjutnya.

Di tempatnya juga memproduksi ikan asin selain jambal roti yang menampung dari para nelayan bagang dan jaring arad.

“Alhamdulilah, saya mulai buka usaha jambal roti sejak tahun 2010 lalu sampai sekarang ini,” tambahnya.***