bjb
Berita  

Gerakan Opsih Bersama Bersih-bersih Sampah Di Pantai Bojongsalawe

Gerakan Opsih Bersama Bersih-bersih Sampah Di Pantai Bojongsalawe Parigi, Jumat,28 Juni 2024.(M Jerry/KP).

KABAR PANGANDARAN – Banyaknya sampah di sepanjang pesisir pantai Kabupaten Pangandaran salah satunya Pantai Bojongsalawe blok Pelabuhan Pangandaran, Pemerintah Daerah melalui DLHK bersama instansi terkait dan warga masyarakat melaksanakan Gerakan Opsih Bersama, Jumat, 28 Juni 2024.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Dedi Surachman, S.Sos,.M.M mengatakan dengan banyaknya sampah di wilayah Pantai Bojongsalawe Parigi sedangkan yang di lokasi Destinasi Wisata Pantai Pangandaran,Batu Hiu,Batukaras dan Madasari setiap hari sampahnya selalu dibersihkan.

“Pokoknya yang di lokasi wisata selalu bersih dari sampah karena sudah ada petugasnya,” katanya.

Menurutnya terkait lingkungan hidup dirinya menyakini sampah-sampah ini merupakan kiriman yang masuk ke laut dan terbawa oleh ombak akhirnya sampai ke pinggir.

“Sampah ini dari sungai masuk ke laut terbawa oleh arus dan menumpuk di pinggir pantai,” tuturnya.

Rata-rata sampahnya ini jenis plastik, kemungkinan besar sampah rumah tangga atau ada orang buangnya sembarangan dan terbawa arus ke pantai Bojongsalawe.

“Kalau di obyek wisata pantai bila mana ada sampah itu sudah dibersihkan oleh petugas,” ucapnya.

Dirinya juga akan membuat himbauan kepada warga khususnya yang tinggal di bantaran sungai untuk menjaga lingkungan supaya tidak membuang sampah sembarangan.

“Iya ,nanti kami akan menyampaikan surat ke setiap Pemerintahan Desa agar menyampaikannya langsung,” tambahnya.