bjb
Berita  

Pentingnya Medical Check Up Pasca Lebaran Iduladha 2023

KABARPANGANDARAN – Hari Raya Iduladha 1444 Hijriyah telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yang jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023 begitu juga Cuti Bersama 28 dan 30 Juni 2023 serta Libur Panjang 1 dan 2 Juli 2023.

Pelayanan Medis RSUD Pandega Pangandaran terutama Pelayanan Poliklinik Rawat Jalan mulai berjalan normal kembali mulai Sabtu,1 Juli 2023 setelah melewati Libur Nasional Iduladha 1444 Hijriyah dan Cuti Bersama.

Direktur RSUD Pandega Pangandaran, Dr. dr. Hj. Titi Sutiamah, M.M. mengatakan sejumlah warga masyarakat setelah melaksanakan Hari Raya Qurban tentu banyak yang beresiko mengalami gangguan kesehatan pasca lebaran iduladha 2023.

“Tentu saja karena mereka sebagian akan mengalami gangguan pada kesehatan,” katanya, Kamis, 22 Juni 2023.

Menurutnya gangguan kesehatan yang akan dialami itu mulai dari Hipertensi, Kolesterol meningkat, hingga gula darah yang ikut meningkat. Penyakit yang terjadi karena pola makan yang cenderung
tidak sehat, mengandung santan dan lemak yang tinggi tentu menjadi pemicunya.

“Terkadang memang kita suka lepas kontrol menikmati hidangan hari raya. Namun tetap, selepasnya jangan
lupa memeriksakan kesehatan rutin,” tuturnya.

Selain itu juga perjalan mudik dan liburan yang berjam-jam duduk dalam kendaraan juga sering mengakibatkan pemudik yang telah mengkonsumsi makanan seadanya.

Dari kondisi-kondisi tersebut diperlukan lah Medical Check Up untuk memastikan tubuh sehat pasca lebaran.

“Penting sekali memeriksa kondisi tekanan darah, kolesterol, gula darah,” lanjutnya.

Masih kata Titi, bahwa hal tersebut tentu sebagai salah satu cara mengurangi resiko penyakit yang ditimbulkan setelah lebaran iduladha, Medical Check Up ini merupakan langkah agar mengetahui kondisi tubuh secara menyeluruh dan potensi penyakit yang memungkinkan menjangkit tanpa gejala.

“Melalui MCU ini tentu nanti akan dilakukan skrining faktor resiko yang menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh agar pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan dengan begitu penyakit tidak akan berkembang ke arah yang serius dan fatal.RSUD Pandega Pangandaran, menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up yang buka setiap hari Senin sampai dengan Sabtu.***