bjb
Berita  

RSUD Pandega Pangandaran Gelar In House Training, Hadirkan Narasumber DJ Arie dan Uju Juanas

RSUD Pandega Pangandaran menyelenggarakan kegiatan In House Trainig Public Speaking dan Beauty Class, dengan menghadirkan dua narasumber DJ Arie dan Uju Juanas, Jumat,14 Juni 2024.(Istimewa).

KABAR PANGANDARAN – RSUD Pandega Pangandaran menyelenggarakan kegiatan In House Training Public Speaking dan Beauty Class, dengan menghadirkan dua narasumber DJ Arie dan Uju Juanas, yang diikuti oleh peserta perwakilan pegawai dari masing-masing ruangan/unit/ instalasi
bertempat di Aula Gedung A lantai 4 RSUD Pandega Pangandaran, Jumat,14 Juni 2024.

Hadir dalam acara ini Arie Ardianto atau lebih sering dikenal dengan nama DJ Arie sebagai narasumber Public Speaking dan Uju Juanas sebagai narasumber dalam Beauty Class.

Narasumber Public Speaking Arie Ardianto atau DJ Arie mengatakan pegawai rumah sakit sangatlah perlu menguasai public speaking untuk dapat menyampaikan edukasi maupun informasi yang jelas dan dipahami oleh pasien, keluarga maupun pengunjung.

“Tenaga medis dan tenaga kesehatan memiliki amanah yang mulia dan tanggung jawab yang cukup berat karena pekerjaan yang dilakukan berkaitan langsung dengan kesehatan dan nyawa pasien yang ditangani,” katanya.

Menurutnya hal lumrah bila terjadi miskomunikasi dalam interaksi kerja sehari-hari, namun akan menjadi hal berat bila tejadi dalam konteks pekerjaan di suatu rumah sakit.

“Miskomunikasi atau salah faham dalam penyampaian atau memaknai suatu informasi bisa membuat keadaan menjadi kritis dan genting,” tuturnya.

Untuk itu kemampuan komunikasi setiap orang yang bekerja di sebuah fasilitas kesehatan haruslah sangat baik, jelas dan efektif.

“Hal ini dapat menghindarkan terjadinya suatu kesalahpahaman dalam pekerjaan yang bersifat kritis,” ucapnya.

Sementara itu narasumber Beauty Class Uju Juanas menyampaikan petugas kesehatan harus mampu berkomunikasi dengan baik, benar dan santun untuk melayani masyarakat.

“Seorang tenaga kesehatan dinilai cukup penting untuk dilatih berbicara di depan umum agar memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat,” katanya.

Pengetahuan akan cara berkomunikasi, berpenampilan menarik dan elegan merupakan sebuah keharusan yang dimiliki bagi mereka yang setiap hari memberikan pelayanan dan berhadapan langsung dengan masyarakat.

“Komunikasi yang efektif akan menciptakan rasa nyaman pada pasien saat menerima pelayanan kesehatan yang diberikan,” ungkapnya.

Maka dari itu dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan pegawai RSUD Pandega Pangandaran bisa meningkatkan value dirinya salah satunya dengan mampu berkomunikasi, berpenampilan baik, sehat, menarik dan elegan saat memberikan pelayanan.

“Tak hanya wajah dan penampilan yang baik saja, namun harus memiliki karakter yang baik dan sopan. Senyum, ramah dan tulus saat melaksanakan tugas memberikan pelayanan kepada pasien,” lanjut Uju.

Pelatihan ini diharapkan dapat membantu pegawai yang bekerja untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada pasien.

“Sehingga para pasien yang ditolong dapat menjadi baik kualitas hidupnya dan merasakan kenyamanan yang baik selama mendapat pelayanan dan perawatan kesehatan di RSUD Pandega Pangandaran,” tambahnya.***