bjb
Berita  

Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) di Desa Cigugur Resmi Ditutup Oleh Dandim 0625 Pangandaran

Dandim 0625 Pangandaran Gunting Pita Selesainya Pembangunan Jalan Di Desa Cigugur Pada Program BSMSS dan Sekaligus Menutup Kegiatan Ini, Selasa,11 Juni 2024.(M Jerry/KP).

KABAR PANGANDARAN – Pembangunan jalan rabat beton sepanjang 400 meter dengan lebar 2,5 meter di Desa/Kecamatan Cigugur dalam program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS), Dandim Pangandaran menutup kegiatan ini dan sekaligus menandatangani prasasti juga gunting pita di lokasi, Selasa,11 Juni 2024.

Penutupan secara resmi berlangsung di Aula Desa Cigugur dengan dihadiri oleh berbagai pejabat daerah dan masyarakat setempat.

Dandim 0625/Pangandaran Letkol Inf Indra Mardianto Subroto, M.IP, mengatakan bahwa kegiatan BSMSS Tahun 2024 berhasil menyelesaikan sasaran fisik dan non-fisik di Desa/Kecamatan Cigugur.

“Alhamdulilah program BSMSS 2024 telah selesai dan secara resmi kami tutup,” katanya.

Menurutnya untuk sasaran fisik, BSMSS telah menyelesaikan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 400 meter dengan lebar 2,5 meter dan ketebalan 12 cm, yang kini sudah selesai 100%.

“Semoga jalan ini dapat meningkatkan perekonomian warga masyarakat di Desa Cigugur,” tuturnya.

Selanjutnya untuk sasaran non-fisik, telah dilaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi, termasuk sosialisasi kesehatan tentang stunting, penyuluhan tanggap bencana, dan penyuluhan bela negara.

“Keberhasilan Program BSMSS ini menjadi bukti manunggalnya masyarakat Desa Cigugur dengan TNI/Polri, sekaligus menegaskan pentingnya pendekatan humanis dalam setiap tugas lapangan,”lanjutnya.

Dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Desa Cigugur atas kelancaran pelaksanaan kegiatan BSMSS, Ke depan, program serupa akan terus dijalankan di wilayah lain, termasuk rencana pembagian pompa air dan pipanisasi untuk meningkatkan ketahanan pangan.

“Bagi kelompok tani yang membutuhkan untuk mendaftar ke desa masing-masing, yang nantinya akan dilaporkan ke Kodim untuk realisasi program tersebut,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial PMD Kabupaten Pangandaran Drs Trisno menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilanjutkan dengan masyarakat atau dari dana desa atau ada sumber-sumber dana yang lain dan tidak menutup kemungkinan ada CSR dari perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar Kabupaten Pangandaran.

“Mudah-mudahan kita rasakan bersama terutama masyarakat yang ada di Kecamatan Cigugur, semoga kedepannya kerjasama antara pemerintah daerah Kabupaten Pangandaran dengan Kodim 0625,kedepannya biayanya lebih besar kita masih banyak, tahun ini kita memang tidak ada,”tambahnya.***