Info Pantai Pangandaran, Ini Spot Surfing Favorit Peselancar

  • Bagikan

PANGANDARAN-Surfing atau berselancar pada umumnya menjadi olahraga yang terbilang ekstrem dan menantang yang hanya bisa dilakukan di lokasi pantai khususnya di Kabupaten Pangandaran.

Biasanya ada beberapa kriteria pantai yang bisa dijadikan tempat surfing, yaitu dari mulai ketinggian ombak, periode ombak, hingga tersedianya penyewaan alat surfing dan lain sebagainya.

Bahkan bagi sebagian penggemarnya, ombak dengan ketinggian tertentu dijadikan salah satu daya tarik yang menantang.

Terdapat dua lokasi surfing yang ada di Pantai Barat Pangandaran ini, yaitu di blok pantai Batu Mandi dan di blok pantai yang biasa disebut Beach Street atau sekitar 100 meter dari Taman Pangandaran Sun Set.

Pantai ini cocok sekali digunakan sebagai surfing spot bagi kalangan wisatawan yang baru mulai mempelajari aktivitas surfing.

Tentu ada beberapa pemandu yang memang bersedia untuk mengawal kegiatan surfing para wisatawan.

Jadi lokasi Pantai Barat ini cocok sekali untuk kamu yang baru mau berlajar surfing sekaligus menikmati wisata alam nuansa pantai begitu juga disediakan papan surfingnya.

Selain di Pantai Barat Pangandaran juga ada lokasi eksotik untuk surfing diantaranya:

1.Pantai Batu Karas

Pantai ini memang terkenal dengan ombaknya, lokasi pantai Batukaras ini terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Pantai ini dikenal juga sebagai Kuta-nya Jawa Barat. Wisatawan menggemari obyek wisata ini karena ombaknya yang cukup tinggi.

Pantai Batu Karas sering digunakan untuk berlatih selancar bagi yang ingin mengikuti event internasional atau nasional.

Tak hanya bagi peselancar pantai Batu Karas juga bisa untuk snorkeling karena memiliki spot bagus seperti Legok Pari dan pantai di depan balekarang beach cottages.

2. Pantai ini terletak di Desa Madasari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Objek wisata di Pantai Madasari sudah lama ditetapkan sebagai tempat wisata.

Sebagian area surfing di sini tidak boleh dijadikan tempat berenang, karena tidak dilindungi teluk, wisatawan yang datang dapat menikmati indahnya pemandangan alam sekitar atau sering disebut surga tersembunyi.

Pantai Madasari memiliki ombak yang tergolong sangat besar, digunakan untuk bermain surfing tapi lokasi disini khusus untuk surfer profesional.

3.Pantai Bulak Setra

Lokasi di sini terletak di kawasan Pantai Babakan Pangandaran, sebenarnya juga berdampingan dengan area utama wisata pangandaran tepatnya berdekatan dengan Pelabuhan Nelayan Cikidang.

Pantai ini dipilih sebagai salah satu tempat berselancar atau surfing karena terdapat break water (pemecah gelombang), sehingga gelombang ombak meliuk beraturan dan tidak terlalu liar sehingga sangat aman bagi pemula.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran dan hobi surfing dapat memilih lokasi sesuai selera.***

  • Bagikan