bjb
Berita  

Kepala Desa dan Camat Supaya Awasi Perkembangan Kasus Stunting Di Wilayahnya

Rapat koordinasi Tingkat Kabupaten dalam Percepatan Penurunan Stunting, di Aula RSUD Pandega Pangandaran, Rabu,06 Desember 2023.

KABAR PANGANDARAN – Perkembangan kasus Stunting khususnya di wilayah seluruh Desa agar selalu terus di awasi oleh para Kepala Desa dan Camat, supaya perkembangannya diketahui oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Pangandaran H Ujang Endin Indrawan yang juga sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) saat memimpin rapat koordinasi Tingkat Kabupaten dalam Percepatan Penurunan Stunting, di Aula RSUD Pandega Pangandaran, Rabu,06 Desember 2023.

Rapat tersebut dilaksanakan berdasarkan Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting serta guna menurunkan prevalensi stunting di Kabupaten Pangandaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Yadi Sukmayadi MM mengatakan berdasarkan data yang masuk jumlah stunting di Kabupaten Pangandaran terus megalami penurunan.

Wakil Bupati Pangandaran H Ujang Endin Indrawan mengatakan dirinya ingin memastikan kembali bahwa jumlah kasus stunting tersebut adalah jumlah yang sebenarnya atau angka yang seperti gunung es, nampak di permukaan saja sedangkan didalam besar.

“Di Kabupaten Pangandaran, 8 aksi masih perlu ditingkatkan, perlu diperhatikan lagi, lebih semangat lagi,”katanya.

Menurutnya ada banyak faktor mengapa kasus stunting ada di masyarakat, karena stunting tidak berdiri sendiri, banyak pengaruh yaitu tingkat ekonomi, status sosial, dan pendidikan berpengaruh.

“Hampir 95% kasus stunting dialami oleh yang kurang beruntung maka dari itu kita perlu melakukan intervensi dari berbagai sisi,” tuturnya.

Dirinya menegaskan kembali agar para Kepala Desa dan Camat selalu mengawasi perkembangan kasus stunting.

“Saya ingin tahu bagaimana perkembangan dari setiap desa dan kecamatan, ada kendala apa,” tegasnya.

Hadir dalam rapat tersebut, Para Perangkat daerah se-Kabupaten Pangandaran, Camat se-Kabupaten Pangandaran, Kepala Desa se-Kabupaten Pangandaran, dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Pangandaran.***