bjb
Berita  

Konferensi Cabang Ke-5 IPNU IPPNU Pangandaran: Mengukuhkan Identitas dan Integritas dengan Kepemimpinan Baru

Pembukaan Konferensi Cabang Ke-5 PC IPNU IPPNU Kabupaten Pangandaran. Foto. Abdullah Sajidin

KABARPANGANDARAN.COM – Pimpinan Cabang (PC) IPNU IPPNU Kabupaten Pangandaran berhasil menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab) ke-5 pada Sabtu, 1 Juni 2024 di Pondok Pesantren Riyadlusshorfi Walmantiq Babakan Jamanis Parigi, Kabupaten Pangandaran. Tema kegiatan ini adalah “Membentuk Identitas Sebagai Navigasi Penguatan Integritas.”

Konfercab dengan tema “Membentuk Identitas Sebagai Navigasi Penguatan Integritas” ini dihadiri oleh seluruh pelajar NU serta majelis alumni IPNU dan IPPNU Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Pangandaran, H. Ujang Endin Indrawan, S.H., beserta jajaran PW IPNU IPPNU Jawa Barat, jajaran PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pangandaran, jajaran PC Fatayat dan Muslimat NU Kabupaten Pangandaran, Majelis Alumni IPNU IPPNU Kabupaten Pangandaran, serta peserta Konfercab dari PAC, PR, dan PK se-Kabupaten Pangandaran.

Ketua PC IPNU Pangandaran, Luki Abdullah, menyatakan rasa syukurnya atas terselenggaranya Konfercab ini dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan, ia merasa bangga bisa berproses di IPNU dan berharap yang terbaik untuk IPNU IPPNU ke depannya.

“Dengan terselenggaranya Konfercab V ini harapan saya kader-kader terbaik IPNU IPPNU Pangandaran bisa maju untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Cabang. Perihal menang atau kalah bukan lah persoalan yang penting rekan rekanita yang sudah berproses sangat matang silahkan untuk maju ke depan. Dengan begitu membuktikan bahwa kader IPNU IPPNU Pangandaran memiliki kualitas bagus,” ujarnya.

Namun, meskipun begitu ia tidak mengharapkan jangan sampai pasca Konfercab ini menjadikan perpecahan antara yang menang dan yang kalah. Konfercab bukan itu tujuan nya. Justru adanya dinamika menjadikan kedekatan antar kader dalam menuangkan pemikiran-pemikiran nya tanpa harus ada ekses. 

“Harapan nya untuk Pengurus IPNU IPPNU Pangandaran selanjutnya, per eratkan silaturahmi dan komunikasi antar pengurus, kader dan anggota. Karena kuncinya adalah itu. Selain itu juga, saya harap rekan rekanita dalam mengurus IPNU IPPNU tumbuhkan rasa ikhlas yang tinggi, Insya Allah ketika kita ikhlas tanpa mengharapkan apapun dari organisasi keberkahan akan selalu ada untuk kita,” pungkas Luki Abdullah.

Ketua PC IPPNU Kabupaten Pangandaran, Sofa Nurlela, menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, masa kepengurusan PC IPPNU Kabupaten Pangandaran hasil amanat Konfercab IV periode 2021-2023 telah berjalan dengan baik, meski ada kelebihan dan kekurangannya.

Sofa menjelaskan bahwa selama masa kepengurusannya, banyak program inovatif yang diharapkan bisa diteruskan oleh kepengurusan berikutnya. Beberapa di antaranya adalah mendirikan dan mengaktifkan kembali PAC IPPNU yang vakum, mengawal kaderisasi di PAC, PR, dan PK, serta mengadakan pelatihan jurnalistik dan desain.

Selain itu, Konfercab V ini juga menghadirkan majelis alumni, yang terdiri dari Ketua IPNU IPPNU dari masa ke masa, untuk berdialog dalam bentuk “seserahan”. Tujuannya adalah memberikan gambaran, pengetahuan, dan arahan bagi pemimpin baru PC IPNU IPPNU Pangandaran periode 2024-2026.

Ketua IPNU IPPNU Terpilih Masa Khidmat 2024-2026

Setelah melewati berbagai tahapan, dimulai dari pencalonan hingga pemilihan. Konferensi Cabang V menghasilkan beberapa keputusan, termasuk Ketua IPNU IPPNU Terpilih Masa Khidmat 2024-2026.

Ketua IPNU Terpilih Masa Khidmat 2024-2026 : Rekan Abdul Mu’in

VISI: PC IPNU Pangandaran yang berkarakter, Intelektual. Melalui kaderisasi yang berkelanjutan.

MISI:

  1. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas dengan cara Melatih ataupun Berdiskusi untuk Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan.
  2. Menstabilkan Kegiatan-kegiatan Kaderisasi di Setiap Tingkatan Komisariat dan Memberikan Virus Positif Terhadap Pesantren dan Sekolah yang Belum Terkontaminasi Komisariat IPNU.
  3. Mengoptimalkan Sumber Daya Organisasi untuk Mencapai Efisiensi dan Meningkatkan Tata Kelola Organisasi Kaderisasi yang Continue.
  4. Melaksanakan Program-program Sosial yang Berdampak Positif dan Berkolaborasi dengan Pihak-pihak Terkait untuk Mendukung Pembangunan Masyarakat Secara Menyeluruh.

Ketua IPNU Terpilih Masa Khidmat 2024-2026 : Rekanita Halfa Nur Azizah

VISI: Terbentuknya kesempurnaan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama di Kabupaten Pangandaran yang bertaqwa, berakhlaqul karimah, berilmu dan berwawasan kebangsaan.

MISI:

  1. Membangun kader Pelajar Putri Nahdlatul Ulama di Kabupaten Pangandaran yang berkualitas, berakhlakul karimah, bersikap demokratis dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Membangun wacana dan kualitas sumber daya kader menuju terciptanya kesetaraan gender.
  3. Membentuk kader yang Dinamis, Kreatif dan Inovatif.

Demikian informasi mengenai Konferensi Cabang Ke-5 PC IPNU IPPNU Kabupaten Pangandaran.***